Siapa sih yang tidak ingin menggunakan hosting terbaik untuk websitenya? Sayangnya, hal ini belum tentu dapat dilakukan sepenuhnya karena keterbatasan biaya maupun kebutuhan hosting sendiri.

Maka dari itu, salah satu hal yang umum dilakukan yaitu memilih shared hosting yang dipercaya sama efektifnya namun dari sisi biaya jauh lebih ekonomis. Ada salah satu provider shared hosting murah, kamu bisa melihatnya daftar harga hosting murah disini

Akan tetapi beberapa pemilik situs mungkin saja tidak memiliki pengalaman jika harus memilih hosting yang tepat untuk hal tersebut. Menentukan dan memilih shared hosting bisa jadi hal menyulitkan jika tidak paham apa yang harus dilakukan.

BACA JUGA  Alasan Kenapa iPhone 7s Plus Masih Layak di Tahun 2020

Maka dari itu, sebaiknya pahami dan kenali bagaimana trik-trik penting yang dapat dilakukan saat ingin memilih maupun melakukan shared hosting untuk situs.

Terapkan Pada Jenis Account Yang Memiliki Traffic Tidak Tinggi

Shared hosting yang mengacu pada pemakaian secara bersama-sama mungkin saat ini semakin banyak dipilih oleh para pengguna layanan hosting. Maka akan ada banyak account hosting pengguna yang secara bersama-sama memanfaatkan layanan hosting dari server yang sama. Jadi semua acoount pengguna ini akan berada di dalam server yang sama sehingga resource hardware dan servis dibagi secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, sebaiknya layanan ini digunakan oleh para pengguna dengan traffic yang bisa dibilang cukup rendah. Sebab penggunaan traffic yang tinggi dari seorang pengguna nantinya akan mempengaruhi pengguna lainnya. Tentu saja pengguna lain dengan traffic yang lebih rendah akan mengalami kerugian karena adanya bandwith serta RAM yang besar oleh seorang pengguna di server yang sama. 

Untuk itu, saat akan menjalankan layanan shared hosting sebaiknya pastikan bahwa para pengguna memiliki traffic yang tidak tinggi. 

BACA JUGA  4 Tips Memilih Apartemen yang Tepat untuk Liburan

Tentunya pembagian resource akan jadi lebih merata sehingga tiap pengguna layanan ini tidak akan merasa saling terganggu saat menggunakan layanan bersama-sama. Namun biasanya bila ada seorang pengguna dengan traffic lebih tinggi, maka pihak server akan mengelola website atau account agar semua pengguna dalam satu server tidak terganggu. 

Ditujukan Untuk Pengguna yang Memiliki Web Sederhana

Penggunaan layanan dari shared hosting tidak hanya perlu memperhatikan jumlah traffic saja. Namun sebaiknya layanan shared hosting juga sebaiknya ditujukan untuk para pengguna yang memiliki web sederhana saja. Dalam hal ini web yang sederhana bisa meliputi web aplikasi sederhana serta tidak membutuhkan proses komputasi yang cenderung bersifat kompleks. 

Web sederhana juga bisa dinilai dari banyaknya jumlah pengunjung pada web tersebut. Jika memang jumlah pengunjung dari suatu web tidaklah banyak dan tidaklah terlalu besar maka web biasnaya masih sederhana. 

BACA JUGA  Ini dia Rekomendasi Alat Termometer Pengukur Suhu Infrared

Tentu saja penggunaan layanan hosting untuk web yang sederhana ini tidak akan sampai menggunakan RAM dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu kecepatan traffic pada web yang sederhana dan tidak banyak pengunjung umumnya cenderung tidak tinggi sehingga tidak akan merugikan pengguna yang lain. 

Resource yang tidak berlebih akan menghindarkan terjadinya gangguan bagi pengguna layanan hosting yang lain sekalipun dalam satu server yang sama. Pengguna yang memiliki web sederhana memang lebih direkomendasikan untuk menggunakan metode shared hosting yang satu ini. Karena dinilai jauh lebih praktis dan tentu saja juga jauh lebih ekonomis atau lebih irit. 

Shared Hosting yang memiliki server di Indonesia dan kamu bisa memilih jasa hosting terbaik hanya di DomaiNesia

Pengadaan Server Ditanggung Bersama

Layanan shared hosting bisa membuat penggunanya jadi lebih irit. Hal ini berkaitan dengan penggunaan server secara bersama sehingga tiap pengguna bisa saling berbagai. Dengan kata lain, pengadaan server untuk menghadirkan layanan hosting ini akan ditanggung secara bersama-sama oleh seluruh orang yang menggunakan layanan tersebut. Maka biaya pengadaan server akan jadi lebih hemat bagi tiap pengguna. 

Tentunya pengadaan server yang dilakukan secara bersama-sama ini akan semakin membuat para pengguna dapat mengurangi kebutuhan dana hosting, karena tidak menanggung biaya server sendirian. Shared hosting memang pada dasarnya memiliki kelebihan atau keunggulan dalam hal pengeluaran atau biaya yang jauh lebih hemat. 

Layanan hosting jenis ini akan membuat pengeluaran masing-masing pengguna jadi lebih kecil. Selain itu shared hosting juga tidak perlu lagi mencari tenaga administrasi server sebab pihak provider dapat melakukan managing. Tentu pengelolaan layanan hosting jadi lebih praktis dan lancar. Maka tidak diperlukan biaya berlebih untuk sewa jasa atau tenaga ahli dalam mengelola server. 

Itulah beberapa tips dan trik penting saat ingin memilih metode shared hosting pada situs yang dimiliki. Terutama untuk situs yang baru saja dibuat atau cukup kecil dan sederhana. 

Memilih shared hosting pastinya jauh lebih menguntungkan dan lebih bermanfaat, asalkan mengetahui bagaimana langkah-langkah yang paling tepat saat memilihnya. Dengan memilih hosting yang tepat untuk hal ini, maka tentu operasional situs dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Sementara di sisi yang lain jauh lebih efisien dan lebih ekonomis dalam pembiayaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here