Hingga saat ini, bisa dibilang olahraga lari masih diminati oleh banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali negara kita, Indonesia. Bagi kamu yang menyukai olahraga lari penting untuk mengetahui perkiraan jarak untuk lari agar olahraga lari yang kamu tekuni bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Setiap sorenya kita bisa menemukan dengan mudahnya di sudut sudut kota orang-orang yang melakukan olahraga lari. Berdasarkan apa yang kami amati, alasan mengapa banyak orang menyukai olahraga lari adalah dikarenakan murah, mudah, dan juga memberikan banyak manfaat.

Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita disadarkan tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan, karena bisa dibilang kesehatan merupakan nikmat terbesar yang Tuhan anugerahkan kepada kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaganya.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, berolahraga dengan teratur merupakan opsi terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari berbagai penyakit.

Memilih olahraga yang tepat merupakan cara terbaik yang bisa kamu lakukan agar bisa terus berolahraga dengan konsisten dan menyenangkan dalam menjalaninya. Olahraga yang mudah, murah, dan banyak manfaat seperti lari merupakan pilihan olahraga terbaik yang bisa kamu lakukan.

Menyehatkan Jantung

Olahraga lari merupakan rekomendasi olahraga yang baik untuk kamu yang mendambakan jantung yang sehat. Pasalnya, dengan melakukan olahraga lari akan membantu detak jantung kamu berdegup lebih kencang dari biasanya, yang mana hal ini menandakan jantung kamu dilatih agar bisa lebih kuat.

BACA JUGA  Punya Rencana Menikah? Bayar DP ke Semua Vendor Pakai Fitur Ini!

Melatih Otot Kaki

Seperti yang kita ketahui bersama, jika melakukan olahraga lari tentu otot yang paling banyak bekerja adalah otot kaki. Hal ini membantu kaki kamu jadi lebih kuat dan fleksibel dalam melakukan pergerakan dan melatih otot kamu jadi semakin kuat dan atletis.

Mencegah Berat Badan Berlebih

Salah satu penyebab terjadinya berat badan berlebih adalah kurangnya melakukan aktivitas fisik setiap harinya. Nah, dengan melakukan olahraga lari tentunya fisik kamu akan terlatih dan membantu metabolisme dalam tubuh sehingga membantu tubuh kamu membakar kalori jadi lebih banyak.

Meningkatkan Stamina

Olahraga lari merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang ingin meningkatkan stamina. Hal itu dikarenakan ketika kita melakukan olahraga lari akan membuat aliran darah tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh kamu, sehingga membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari rasa lemas.

Perkiraan Jarak untuk Lari yang Harus Diketahui

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya diperlukan teknik yang tepat dalam melakukan olahraga lari, salah satunya ialah dengan mengetahui perkiraan jarak untuk lari yang baik.

Untuk mengetahui perkiraan jarak untuk lari yang tepat berdasarkan saran dari pendiri Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Pak Dede Kusmana bersama Kompas.com yaitu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba lari sejauh 1 kilometer (km).

Setelah itu, kamu bisa menghitung berapa lama waktu untuk menempuhnya. Jika kamu memerlukan waktu lebih dari 9 menit untuk menempuh jarak 1 kilometer, maka disarankan jangan melakukan olahraga lari terlebih dahulu, namun mencoba secara perlahan dengan melakukan jalan kaki saja.

Selain itu, jika kamu mampu menempuh jarak sejauh satu kilometer dalam waktu 8 menit maka kamu diperbolehkan untuk melakukan olahraga jogging. Namun bagi kamu yang ingin melakukan olahraga lari, kamu disarankan mampu menempuh jarak satu kilometer kurang dari 6 menit (untuk pria) dan kurang dari 6,5 menit (untuk wanita).

BACA JUGA  Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Paling Ampuh

Bagaimana, sudah mengerti? Demikianlah tulisan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan di tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, terutama bagi teman-teman yang ingin melakukan gaya hidup sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here