Bagi kamu yang baru memulai mencoba mendalami dunia website atau juga blog mungkin sering banget atau pernah mendengarkan istilah domain. Apa itu domain? Ya, bagi kamu yang masih pemula mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa sih domain itu?

Pengertian Domain dan Jenis-Jenisnya Yang Harus Diketahui!

Di dalam tulisan kali ini kami akan membahas mengenai domain dan jenis-jenisnya secara lengkap yang harus kamu ketahui. Kenapa begitu? Pasalnya domain ini termasuk salah satu komponen paling penting jika seseorang ingin membuat sebuah website atau blog. Tanpa domain, website tidak bisa dikunjungi.

Jadi buat kalian yang belum tahu apa itu domain, jadi domain adalah keterangan asli bahwa suatu website atau blog berada di Internet. Domain name atau dalam bahasa Indonesianya nama domain merupakan pengganti alamat IP (Internet Protocol) suatu website. 

Contohnya, www.abcd.com yang sebelumnya memiliki IP 123.456.789.100 untuk diakses sekarang jadi lebih mudah untuk diakses tanpa perlu mengetik angka yang ribet dan panjang-panjang. Jadi secara sederhananya, domain itu adalah alamat dari website kamu agar bisa mudah diingat, dikunjungi, dan diakses oleh orang-orang.

Jenis-Jenis Domain yang Ada di Dunia

Bagi kamu yang masih awam di dunia website dan blog, mungkin mengira bahwa seluruh website di dunia ini memiliki akhiran domain (dot)com, kan? Ya, tak bisa dipungkiri banyak orang-orang awam yang mengira bahwa semua website di dunia memiliki nama domain yang sama, yaitu dot com. Padahal nyatanya tidak.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis-jenis domain yang tersedia, nah kamu jangan mengira ya bahwa jenis-jenis domain di dunia ini sama semua. Ada banyak banget jenis-jenis domain di dunia, berikut adalah jenis-jenisnya (terutama domain populer) yang bisa kamu ketahui.

BACA JUGA  Pantun Lucu Ucapan Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha Terbaru

TLD (Top Level Domain)

Pertama ada jenis domain TLD atau Top Level Domain. Di kebanyakan kalangan pengguna internet  Top Level Domain merupakan jenis domain yang paling populer dan sudah tak asing lagi, hal ini dikarenakan domain TLD banyak digunakan oleh website-website di dunia, termasuk blog ini.

Contoh domain TLD yang sering digunakan oleh website atau blog yang ada di dunia adalah com, .org, .xyz, dan .net. Ya, itu adalah contoh dari ekstensi Top Level Domain, sudah nggak asing kan? Banyaknya web yang menggunakan ekstensi dari Top Level Domain dikarenakan populernya ekstensi domain tersebut, sehingga orang awam sekalipun bisa mengunjungi dengan mudah.

Sebenarnya masih ada banyak lagi ekstensi domain TLD yang ada di dunia, namun yang sering digunakan itu saja, karena populer dan mudah diingat. Contohnya ada ekstensi domain .info, .club, .biz, .website, .site, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa melakukan cek dan amankan domainmu sekarang!

ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Sesuai dengan namanya, ccTLD atau Country Code Top Level Domain adalah jenis domain yang menggambarkan identitas suatu negara, jenis domain ini memperlihatkan bahwa isi dari website domain ini merupakan dari penduduk negara tersebut dan juga ditujukan untuk pengguna dari negara yang bersangkutan.

Contoh dari ekstensi atau akhiran dari domain dari negara-negara di dunia adalah .id untuk negara Indonesia, .sg untuk negara Singapura, .my untuk negara Malaysia, .th untuk negara Thailand, .uk untuk Britania Raya, dan masih banyak lagi, hampir semua negara punya sepertinya ekstensi atau akhiran nama domainnya sendiri.

Penggunaan ccTLD ini sangat cocok buat kamu yang pengin membangun website dan menyasar pengguna dari negara tertentu, karena biasanya orang dari negara-negara tersebut sudah mengenal dan familiar dengan domain dari negaranya.

BACA JUGA  Cara Paling Ampuh Agar Tidak Tertular Virus Corona

sTLD (Sponsored Top Level Domain)

sTLD atau Sponsored Top Level Domain mungkin bisa dibilang jenis domain yang cukup populer juga di banyak kalangan pengguna internet. Karena jenis domain ini merupakan domain yang biasanya diperuntukkan kepada instansi tertentu. Contohnya, ada domain (dot)edu untuk instansi pendidikan, ada juga ada .gov untuk tingkat pemerintah, dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan Domain untuk Web/Blog

Mungkin kamu yang menggunakan domain gratisan masih ragu untuk beralih ke domain premium (berbayar) dikarenakan banyak hal, mulai nggak tau apa untungnya, masih nyaman dengan domain gratisan, dan berbagai alasan lainnya.

Faktanya, menggunakan domain berbayar seperti domain TLD memberikan banyak keuntungan dan kelebihan untuk perkembangan website atau blog kamu ke depannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan domain untuk web atau blog kamu.

  • Mudah diingat. Jika kamu masih menggunakan domain/subdomain gratisan seperti blogkamu.wordpress.com atau blogkamu.blogspot.com tentu terasa ribet dan kepanjangan buat diingat. Berbeda ketika menggunakan domain berbayar seperti blogkamu.com atau blogkamu.net, tentu terasa lebih singkat dan mudah diingat.
  • Lebih SEO Friendly. Bila dibandingkan menggunakan domain/subdomain gratisan, tentunya menggunakan domain berbayar lebih SEO Friendly. Hal ini dikarenakan mesin pencari memandang web kamu lebih terpercaya. Kamu juga membaca cara meningkatkan seo buat bantu web kamu semakin bagus posisinya di mesin pencari.
  • Lebih dipercaya. Menggunakan nama domain berbayar untuk web kamu tentunya akan membuat kamu lebih dipercaya oleh klien ataupun calon konsumen. Hal ini menujukkan kredibilitas dan keseriusan kamu dala membangunnya.
Demikianlah tulisan kali ini mengenai Pengertian Domain dan Jenis-Jenisnya, semoga tulisan yang kami bagikan bisa memberikan manfaat buat para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here