Jernihkan Tujuan Sebelum Berbisnis Jual Ayam Potong: Langkah-Langkah Menjadi Peternak Ayam Potong

Kuliner nusantara sedang berkembang pesat karena menjamurnya restoran yang  terus berinovasi dan hal ini memberikan dampak positif bagi bisnis jual ayam potong. Kuliner berbahan dasar ayam cukup banyak diminati selain rasanya yang enak, harga bahan baku ayam potong yang cukup terjangkau bisa menekan ongkos produksi. Artikel kali ini cocok untuk anda yang ingin memulai wirausaha ayam potong, lantas langkah apa yang harus diambil bagi anda yang baru ingin berkecimpung dalam bisnis peternakan ayam potong?

Menyiapkan Dana Serta Rincian Dana Operasional Ternak Ayam Potong

Di dalam bisnis ayam potong anda harus memiliki tujuan yang pasti apakah anda ingin menjadi peternak ayam potong ataukah jual ayam potong? Apabila anda memiliki mimpi yang besar untuk menjadi peternak ayam potong tentu saja laba yang anda dapatkan lebih besar karena menjadi sumber yang menyuplai permintaan para pedagang yang memiliki bisnis jual ayam potong.

Faktanya ayam potong pertumbuhannya cukup cepat sehingga anda bisa panen ayam broiler mulai dari lima hingga delapan minggu. Seekor ayam broiler memiliki bobot satu setengah, hingga dua kilo lebih per ekor sehingga perputaran modal cukup cepat.

Langkah awal anda harus menyiapkan dana yang cukup karena dana memegang peranan penting untuk menunjang peternakan ayam potong dan berpengaruh pada kegiatan operasional berikut rinciannya:

  • Menyiapkan lahan serta kandang 
  • Membeli anakan ayam potong berkualitas
  • Dana pemeliharaan ayam potong mulai dari pakan, vitamin hingga vaksin
  • Pembelian mesin-mesin teknologi yang mampu mempermudah kegiatan pemeliharaan ayam potong.
  • Upah tenaga kerja terampil dan lain sebagainya
Baca juga:  Keuntungan Menggunakan Software Minimarket dalam Bisnis

Anda harus bisa memisahkan semua dana.  Mencatat dari mana saja kucuran dana tersebut, apakah berasal dari dana personal, berbagai investasi dari pihak luar atau hutang bank. Catatan ini membuat perhitungan anda transparan terutama menghitung jumlah keuntungan hingga alokasi dana agar mampu menutupi hutang.

Perencanaan Matang Peternak Ayam Potong

Strategi selanjutnya adalah menghitung Break Even Point atau tumpuan titik penghasilan sama dengan dana keluar.  Pastikan anda tidak menghabiskan dana pokok sebelum seluruh stok ayam potong terjual seluruhnya. Terdapat dua cara menghitung Break Even Point seperti sebagai berikut:

1. Break Even Point (unit) :

Jumlah dana tetap / (harga jual ayam potong  – biaya variabel setiap ayam potong). 

2. Break Even Point (rupiah) :

Jumlah dana tetap / (1 – biaya variabel setiap ayam potong / harga jual ayam potong  )

Break Even Point berperan penting dalam manajemen keuangan anda karena bisa membantu meminimalisir jumlah kerugian bisnis ayam potong. Anda akan mengetahui jumlah dana keluar serta jumlah keuntungan. Sistem ini bisa menganalisa berapa jumlah minimum jual ayam potong serta penurunan penjualan ayam potong dari perencanaan awal anda.

Seluk Beluk Bisnis Ternak Ayam Potong

Apabila anda ingin menjalankan usaha ternak ayam potong maka wadah atau lahan peternakan untuk memelihara anakan ayam potong menjadi pertimbangan utama karena mulai dari area hingga temperature akan berpengaruh langsung pada kualitas jual ayam potong anda dan agar mudah untuk mendapat izin usaha dari pemerintah.

Terdapat aturan yang harus anda patuhi sebelum berbisnis ternak ayam potong dan semuanya telah tertuang pada standar nasional yaitu SNI 01-6160-1999 yang memastikan bahwa ayam yang didistribusikan pada masyarakat sehat karena ayam yang stress di dalam kandangnya akan membuatnya mudah terserang bakteri dan mikroorganisme yang dapat tumbuh subur pada ayam. 

Baca juga:  Riviyu Guest House, Rekomendasi Penginapan Murah di Balikpapan

Penjelasan ilmiahnya adalah perubahan jumlah glikogen menjadi asam laktat  mengakibatkan pH daging ayam potong turun di angka lima hingga enam, sehingga mempertahankan kualitas daging ayam potong dan alasan lainnya memastikan daging ayam potong aman tanpa ada kontaminasi polusi.

Berikut aturan SNI 01-6160-1999 yang wajib anda ketahui :

  • Peternakan ayam potong tidak boleh berada pada area padat penduduk ataupun area dengan tingkat polusi tinggi
  • Peternakan ayam potong  anda mematuhi aturan rencana serta tata ruang kota anda
  • Area Peternakan ayam potong hendaknya berada jauh dari industri kimia dan logam berat serta area dipilih yang bebas banjir
  • Area peternakan harus luas sehingga menunjang pertumbuhan kegiatan peternakan.

Pastikan anda sudah mematuhi syarat diatas sebelum berbisinis ternak jual ayam potong karena dari salah satu syarat yang tidak anda patuhi maka kemungkinan akan gagal mendapatkan perizinan usaha dari kementerian Perdagangan.

Bagi anda yang ingin membeli ayam potong dan bingung mencari pedagang yang jual ayam potong didekat anda. Jangan khawatir karena Sayurbox adalah solusinya. Sayurbox menawarkan berbagai pilihan ayam potong hingga ayam kampung. Hanya semudah menyentuhkan jari anda pada layar ponsel dan anda sudah bisa memesan dari Sayurbox berbagai jenis potongan ayam hingga ayam berbumbu silahkan dipilih sesuai keinginan anda melalui : https://www.sayurbox.com/category/anekaayam-1-9a7726d0/sub-category/anekaayam-ayampotong-1-e991f1aa . Terima kasih