Yogyakarta selalu punya tempat wisata asyik untuk dikunjungi. Mudah dicapai dengan semua moda transportasi darat, tidak heran jika banyak yang tertarik mengunjungi Yogyakarta di akhir tahun. Apakah kamu salah satunya?

Jika ya, jangan lupa siapkan tiket transportasi ke Yogyakarta sekarang juga ya sebelum kehabisan tiket. Naik bus ke Yogyakarta bisa jadi pilihan murah meriah dan nyaman, apalagi Tol Trans Jawa sudah beroperasi penuh sehingga waktu perjalanan bisa lebih singkat. Agar aman, naik bus dari Jakarta ke Yogyakarta bisa pesan di sini nih.
BACA JUGA: Melihat Keindahan Pesona Alam Danau Gunung Tujuh

Nah, di masa adaptasi kebiasaan baru sering diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung di tempat wisata agar tidak menimbulkan kerumunan. Untuk mengakalinya sekaligus menjaga keselamatan diri selama berlibur, kamu bisa pilih wisata alam karena sirkulasi udara yang lebih baik, udara yang lebih segar dan pemandangan yang buat adem mata.

Yogyakarta juga punya banyak sekali pilihan wisata alam yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah wisata air terjun yang tak hanya tawarkan pemandangan indah tetapi juga berbagai aktivitas seru.

Air Terjun Kedung Pedut

Berada di lembah Perbukitan Menoreh, Kulonprogo, air terjun ini menawarkan keindahan super yang dijamin buat kamu betah berlama-lama di sini; airnya terdiri dari dua warna, putih jernih dan hijau toska.

Keindahan air terjun ini tak cuma terletak pada warna airnya, tetapi juga kolam-kolam alami atau ‘kedung’ dengan kedalaman beragam yang asyik untuk tempat berendam . Air terjun ini juga punya banyak spot instagramable lho!

BACA JUGA  7 Hal Bermanfaat yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

Jika kamu tidak ingin basah-basahan, kamu tetap bisa menikmati indahnya air terjun Kedung Pedut lewat jembatan kayu yang dipasang di atas kolam alami atau bersantai di atas hammock yang disediakan. Ada juga aktivitas menarik seperti flying fox dan sepeda angkasa di sekitar air terjun ini lho!

Air Terjun Banyunibo

Berada tak jauh dari wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, air terjun Banyunibo ini menawarkan keindahan air terjun di antara perbukitan hijau dan persawahan.

Air terjun dengan tinggi sekitar 35 meter ini bisa jadi tujuan wisata menarik jika kamu juga berencana menikmati keindahan alam di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain bisa berenang, kamu juga bisa jelajah kuliner di Dusun Kampung Mas Plumbungan atau melihat berbagai kerajinan tangan di Dusun Bobung yang ada di dekat air terjun ini.

Air Terjun Kedung Kandang

Masih di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu bisa nih mampir ke air terjun kedung kandang yang tak kalah indahnya dari air terjun Banyunibo.

Air terjun ini berada dalam kompleks wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Air terjun dengan 6 tingkat ini memiliki bebatuan berwarna hitam yang merupakan bagian dari gunung api purba yang membuatnya semakin unik.

Jika tidak ingin nyebur dan menikmati pemandangan asri di sekitar air terjun ini, kamu bisa menuju gardu pandang yang disediakan. Jika suka aktivitas menantang, kamu bisa jelajah setiap tingkat air terjun dengan tangga dan tali yang tersedia.

Air Terjun Luweng Sampang

Berada di Gunungkidul, air terjun yang satu ini juga tawarkan pemandangan unik. Pasalnya air terjun Luweng Sampang ini dipenuhi batu cadas putih yang terlihat kontras dengan air terjun yang berwarna kebiruan.

BACA JUGA  4 Tips Memilih Apartemen yang Tepat untuk Liburan

Air terjun ini memang diapit oleh dua bebatuan cadas yang semakin menarik. Kamu bisa duduk di atas bebatuan tersebut sambil menikmati pemandangan air terjun dan aliran sungai di bawahnya.

Air Terjun Pantai Jogan

Jika air terjun sebelumnya menawarkan keindahan perbukitan hijau, air terjun yang satu ini menawarkan pemandangan pantai Jogan yang menawan. Ya, air terjun ini langsung jatuh dari tebing ke pinggir pantai. Sumber airnya berasal dari perbukitan karst yang ada di bagian utara pantai.

Terletak di Gunungkidul, kamu bisa sekalian menikmati indahnya Pantai Jogan sambil melihat air terjun unik ini.

Bagaimana, sudah siap berangkat ke Yogyakarta? Jangan lupa beli tiket busnya di Traveloka ya karena lebih cepat, mudah dan pasti berangkat. Selamat merayakan akhir tahun di Yogyakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here